Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/108
Title: Peranan Guru Pendidikan Jasmani dalam Menentukan Strategi Mengajar Belajar Gerak
Authors: Podung, Beatrix J.
Keywords: Strategi Mengajar
Belajar Gerak
Peranan Guru Penjas
Issue Date: Dec-2012
Publisher: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Olahraga Indonesia (LEMPPORI)
Citation: Indonesian's Scientific Journal of Sports and Health
Series/Report no.: Vol. 1;No. 2
Abstract: Strategi mengajar sebagai pengaturan penerapan cara-cara mengajar agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik sehingga tujuan dapat tercapai. Ketika guru memilih salah satu dari berbagai metode tersebut guru harus memberikan pertimbangan-pertimbangan tertentu sehingga proses pembelajaran akan berlangsung dengan lancar. Metode-metode yang sering digunakan dalam pembelajaran gerak adalah metode praktek keseluruhan (whole practice method) dan metodepraktek bagian (part practice method). Gerak merupakan unsur pokok kehidupan manusia. Tanpa gerak, manusia tidak mungkin melakukan aktivitasnya untuk meneruskan proses kehidupan yang lebih baik. Dengan demikian gerak menjadi kebutuhan yang sangat penting agar dapat membantu kelangsungan hidupnya. Belajar gerak merupakan salah satu bentuk belajar yang mempunyai penekanan pada sesuatu yang spesifik, yakni untuk peningkatan kualitas gerak tubuh. Belajar gerak juga merupakan bagian penting, serta kedudukannya di dalam pendidikan jasmani dan olahraga. Belajar gerak berperan dalam pendidikan jasmani yang melibatkan domain psikomotor, untuk mengembangkan keterampilan gerak tubuh, menguasai pola-pola gerak keterampilan olahraga, dan mengekpresikan pola-pola perilaku personal dan interpersonal yang baik di dalam pertandingan dan tari.
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/108
ISSN: 2301-7198
Appears in Collections:Lecturer Scientific Papers



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.