Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/116
Title: Paradigma Pembelajaran Pendidikan IPS sebagai Implementasi Pembentukkan Karakter Bangsa
Authors: Biringan, Julien
Keywords: Pembelajaran
Pendidikan IPS
Pembentukan
Karakter
Bangsa
Issue Date: 2013
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial UNIMA
Citation: Prosiding HISPISI Implementasi Kurikulum 2013 Berbasis KKNI dan Pendidikan Karakter
Abstract: Pembentukan karakter merupakan persoalan utama Bangsa Indonesia, maka tekad ingin membangun manusia Indonesia yang berakhlak, berbudi pekerti, dan perperilaku baik merupakan keharusan bagi setiap unsur pelaksana pendidikan untuk merealisasikan dengan berbagai paradigma yang inovatif. Khususnya paradigma pembelajaran Pendidikan IPS merupakan salah satu pilar pendidikan dalam rangka pembentukan dan pengembangan pengetahuan, sikap, perilaku, dan keterampilan individu untuk menjadi warganegara yang baik dan dapat membangun kehidupan bersama dengan karakter yang bermatabat. Implikasinya menyangkut pengembangan wawasan yang berkaitan dengan berbagai kajian sosial kemasyarakatan termasuk juga memahami dan mampu mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada masyarakat tersebut. Proses pembelajaran Pendidikan IPS memberikan implikasi positif bagi warga belajar dalam memahami berbagai karakteristik kehidupan masyarakat majemuk yang memerlukan perhatian serius untuk membangun kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga perlu dioptimalisasi upaya pembentukkan karakternya. Apabila terjadi kekurangoptimalan pembentukan karakter yang dilakukan oleh dunia pendidikan dalam berbagai proses pembelajaran, maka akan merupakan tantangan yang mendorong untuk segera berupaya menemukan formulai, strategi, metode, dan model pembelajaran yang tepat sehingga ke depan, pendidikan karakter lebih efektif.
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/116
Appears in Collections:Lecturer Scientific Papers



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.