Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/119
Title: Pengembangan Kurikulum PKN Berbasis KKNI Melalui Optimalisasi Penerapan Variasi Mengajar
Authors: Biringan, Julien
Keywords: Penerapan
Kurikulum
PKN
KKNI
Variasi
Mengajar
Issue Date: 2015
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial UNIMA
Citation: Prosiding Seminar Nasional Pemantapan Kurikulum FIS Berbasis KKNI untuk Persiapan Generasi Emas 2045
Abstract: Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan merupakan pedoman pembelajaran yang memiliki dokumen, kemudian diaktualisasikan dalam proses proses belajar mengajar baik di dalam maupun di luar kelas. Upaya pengembangan kurikulum PKN didasarkan pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan disesuaikan dengan kurikulum Standar Nasional dengan mewujudkan proses pendidikan yang terarah pada pengembangan kemampuan individu sehingga menjadi warga negara yang cerdasr, partisipatif, dan bertanggung jawab yang pada gilirannya mampu mendukung berkembangnya kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia yang cerdas dan berbudi pekerti luhur. Kurikulum PKN dapat dikembangkan secara optimal karena berperan penting sehubungan dengan pembentukkan warga negara yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Pengembangannya dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan melalui cara berpikir kreatif dan inovatif, dengan menerapkan variasi mengajar yang terfokus pada tiga komponen yakni: (1) variasi dalam gaya mengajar; (2) variasi media dan bahan ajar; dan (3) variasi dalam interaksi. Penerapan variasi mengajar mempunyai implikasi terhadap proses pembelajaran PKN, dikemas dalam satu kesatuan paket pembelajaran melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau Satuan Acara Perkuliahan (SAP).
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/119
ISBN: 978-602-70262-1-6
Appears in Collections:Lecturer Scientific Papers



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.