Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/316
Title: PENGEMBANGAN STRATEGI MOTIVASIONAL PADA MATA PELAJARAN PKN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP
Authors: Mandagi, Marthinus
Keywords: prestasi belajar siswa, motivasi belajar, strategi mengelola motivasi, model rancangan motivasional
Issue Date: 2014
Publisher: Universitas negeri malang
Series/Report no.: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol. 1 No. 1 2014;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: prestasi belajar siswa dalam matapelajaran PKN pada enam kecamatan di 3 Kabupaten yang ada di SULUT; motivasi belajar siswa SMP pada 6 kecamatan di 3 kabupaten Minahasa; strategi pengelolaan motivasional yang dilakukan guru-guru SMP pada 6 kecamatan di Kabupaten Minahasa; dan mengembangkan model rancangan motivasional untuk matapelajaran PKN. Rancangan penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu: (1) deskriptif prestasi belajar melalui survey dan (2) pengembangkan model Pembelajaran motivasional Matapelajaran PKN SMP. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar siswa dan strategi motivasional disusun oleh tim peneliti.Subjek penelitian : siswa SMP di enam kecamatan di Kabupaten Minahasa yang mewakili kecamatan yang besar, sedang, dan kecil yaitu siswa serta guru bidang studi PKN di SMP. Untuk uji ahli terdiri atas Ahli Isi, Media, dan Ahli Rancangan.Analisis data yang dipakai untuk memperoleh data motivasi belajar siswa, strategi motivasional yang dilakukan guru adalah analisis deskriptif. Sedangkan untuk mengembangkan model adalah analisis deskriptif berbentuk prosentase kesepakatan di antara para ahli dan subyek penelitian.. Hasil penelitian ini akan dapat digunakan secara langsung oleh perancang pembelajaran yang berupa pedoman dan langkah-langkah dalam merancang pembelajaran yang memperhitungkan aspek motivasi. Sedangkan bagi guru akan diperoleh preskripsi dalam hal bagaimana menerapkan rancangan motivasional dalam pembelajaran PKN Di SMP.
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/316
ISSN: 2406-8780, 2654-7953
Appears in Collections:Lecturer Scientific Papers



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.