Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/406
Title: Pengembangan Bentuk Soal Tipe Benar-Salah dalam Penilaian Kelas Sekolah Menengah Pertama
Authors: Mondolang, Aswin H.
Poluakan, Cosmas
Mongan, Satyano W
Umacina, Dewi S
Keywords: Bentuk soal tipe benar-salah; usaha dan pesawat sederhana
Issue Date: 2019
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia Vol. 8 No. 2 2019;
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya spekulasi siswa dalam menjawab soal objektif tipe benar-salah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan soal objektif tipe benar-salah dalam penilaian kelas materi fisika usaha dan pesawat sederhana pada siswa kelas VIII SMP yang dapat meminimalisir spekulasi. Penelitian ini menggunakan model research & development (R&D) dari Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974) yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara, instrumen angket, dan nilai siswa. Validasi instrumen oleh pakar evaluasi dan pakar materi melalui instrumen angket diperoleh rerata persentase sebesar 92,5% dengan kategori valid. Data nilai siswa dari hasil uji coba kepada 32 siswa, soal yang dikembangkan dapat meminimalisir spekulasi siswa dalam menjawab soal. Dengan demikian penilaian kelas yang menggunakan bentuk soal tipe B -S yang dilengkapi dengan pilihan Y-TY dapat mengukur pemahaman siswa secara lebih objektif dibandingkan dengan bentuk Soal tipe B-S tanpa pilihan Y-TY.
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/406
ISSN: 2654-5713
Appears in Collections:Lecturer Scientific Papers

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Artikel Jurnal JP3I.pdf517.74 kBAdobe PDFView/Open
Peer Review.pdf471.73 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.