Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/495
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Lensun, Sherly F. | - |
dc.date.accessioned | 2020-04-23T02:23:16Z | - |
dc.date.available | 2020-04-23T02:23:16Z | - |
dc.date.issued | 2019-09 | - |
dc.identifier.isbn | 978-602-6204-95-0 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/495 | - |
dc.description.abstract | Kesuksesan sebuah negara dalam menghadapi revolusi industri 4.0 erat kaitannya dengan inovasi yang diciptakan oleh sumber daya yang berkualitas, sehingga Perguruan Tinggi wajib dapat menjawab tantangan untuk menghadapi kemajuan teknologi dan persaingan dunia kerja di era revolusi industri 4.0. Dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, pendidikan dan pekerjaan harus disesuaikan ke dalam pengembangan sains dan teknologi. Persiapan dalam menghasilkan lulusan yang mampu beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0 adalah salah satu cara yang dapat dilakukan Perguruan Tinggi untuk meningkatkan daya saing terhadap kompetitor dan daya tarik bagi calon mahasiswa. Makalah ini bertujuan untuk memberikan paparan tentang upaya yang dilakukan untuk mencapai peningkatan kualitas program studi pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Manado yang terdiri dari penguatan asosiasi profesi, peningkatan kualitas program studi dalam akreditasi BAN-PT, termasuk didalamnya perkembangan kebutuhan dan IPTEK yang dituang dalam Capaian Pembelajaran Lulusan yang tertuang dalam KKNI (kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan Era Industri 4.0 dengan harapan lulusan perguruan tinggi menjadi lulusan yang unggul dan berkarakter serta meliliki kompetensi yang berhubungan dengan 3 (tiga) literasi baru yaitu : technology literacy, Big Data literacy serta Humanity literacy. Rasionalisasi perubahan kurikulum serta paradigma penyusunannya termasuk perubahan kurikulum Program Studi Pendidikan bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado, didasarkan pada landasan Yuridis berikut: (1) Undang-undang No. 12 tahun 2012 tentang pendidikan Tinggi; (2) Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 tentang kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); (3) Permendikbud No.73 tahun 2013 tentang penyelenggaraan pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi; (5) Peraturan menteri serta (6) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.81 tahun 2014 tentang ijazah, sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI), sebagaimana diatur dalam Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015. Program studi pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Manado didirikan pada tanggal 11 Juli 1996 dan mendapatkan SK Pendirian Program Studi No. 249/DIKTI/96 tertanggal 11 Juli 1996. | en_US |
dc.description.sponsorship | Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | UNG Press | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Bahasa, Seni, dan Desain di Era Revolusi Industri 4.0; | - |
dc.subject | kurikulum,program studi, literasi, pendidikan bahasa jepang, KKNI | en_US |
dc.title | REVITALISASI KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FBS UNIMA YANG BERORIENTASI PADA LITERASI BARU DI ERA INDUSTRI 4.0. | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | Lecturer Scientific Papers |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FBS Lensun Artikel 12 PROSIDING REVITALISASI KURIKULUM PROGRAM... OK_compressed.pdf | 5.47 MB | Adobe PDF | View/Open | |
FBS Lensun PR 12 PROSIDING Revitalisasi Kurikulum... OK.pdf | 282.27 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.