Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/277
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Mamentu, Mieke D. | - |
dc.date.accessioned | 2019-09-27T02:01:37Z | - |
dc.date.available | 2019-09-27T02:01:37Z | - |
dc.date.issued | 2019-09 | - |
dc.identifier.issn | e-ISSN: 2320–1959.p- ISSN: 2320–1940 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/277 | - |
dc.description.abstract | Kurikulum merupakan sesuaatu yang dicita-citakan dalam bidang pendidikan. Jadi apa yang direncanakan dalam kurikulum yang bersifat formal pada dasarnya mencerminkan cita-cita tentang wujud hasil pendidikan dan pengajaran yang ingin dicapai. Kurikulum diartikan sebagai pengalaman belajar diperoleh siswa dari sekolah dan kurikulum diartikan sebagai rencana belajar siswa (Hakim, 2008 : 5). Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajharan serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk tujuan pendidikan dan pengajaran yang hendak dicapai. Hal tersebut belum terealisasi sepenuhnya, kurikulum belum dikelolah secara optimal atau belum dikelolah secara efektif dan efisien sehingga perlu adanya bimbingan dan pelatihan. Tujuan manajemen kurikulum bagi para guru dan kepala sekolah, agar dapat menyusun perangakat pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai standar kompetnsi kelulusana para peserta didik. Metode yang digunakan adalah mengadakan pendidikan dan pelatihan penyusunan kurikulum bagi kepala sekolah dan para guru yang dibimbing oleh para pelatih yang profesional. Pelaksnaan pendidikan dan pelatihan bagi para guru dan kepala sekolah di SMA Negeri Remboken meliputi kegiatan penyuluhan dan pelatihan manajemen kurikulum yang efektif dan efisien untuk semua mata pelajaran pada masing-masing program studi dan untuk setiap mata pelajaran yang diampuh oleh para guru sebagai realisasi kurikulum yang ditetapkan untuk dilaksanakan. Perangkat pembelajaran sebagai kurikulum baku disahkan oleh kepala sekolah, dimonitor dan dievaluasi untuk wujud pelaksanaanya berdasarkan standar ketuntasan minimal peserta didik dan standar kompetensi kelulusan serta untuk perbaikan pengembangan proses pembelajaran berkelanjutan. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | IOSR | en_US |
dc.relation.ispartofseries | IOSR Journal of Research Method in Education;Volume 9, Issue 5 Ser. II. (Sep. - Oct .2019), PP 61-69 | - |
dc.subject | Manajemen Pendidikan dan Pengajaran, Kurikulum Baku, perangkat pembelajaran guru | en_US |
dc.title | Manajemen Pendidikan Dan Pengajar Pada Sma Negeri Remboken Kabupaten Minahasa | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | Lecturer Scientific Papers |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
IOSR.pdf | 260.59 kB | Adobe PDF | View/Open | |
Manajemen Pendidikan Dan Pengajar Pada Sma Negeri Remboken Kabupaten Minahasa.pdf | Similarity | 5.39 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.