Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/282
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMamentu, Mieke D.-
dc.date.accessioned2019-09-27T02:35:34Z-
dc.date.available2019-09-27T02:35:34Z-
dc.date.issued2018-12-
dc.identifier.issn2088-1290-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/282-
dc.description.abstractManajemen kompetensi guru, jika dimanfaatkan sepenuhnya dalam proses pembelajaran, sangat berdampak pada hasil belajar siswa, kususnya pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)-Ekonomi di SMP (Sekolah Menengah Pertama) Advent Parepei, Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas kolaboratif, dimana peneliti melakukan observasi pada kegiatan pembelajaran guru dan siswa di kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosentasi kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran dan pengajaran memilki kemampuan profesional berdasarkan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dan Kurikulum 2013, sehingga hasil belajar siswa meningkat. Para guru, dengan kompetensi mereka, menguasai bahan ajar; mengkaji buku teks untuk bahan pendalaman; kemampuan mengelola program belajar-mengajar; menggunakan metode mengajar yang sesuai; melaksanakan program belajar-mengajar sesuai dengan yang direncanakan; mengenal kemampuan siswa; merencanakan dan melaksanakan pengajaran remedial; mengelola kelas; menciptakan iklim atau suasana belajar-mengajar yang koduksif; menggunakan media/ sumber belajar; mengatur tata ruang kelas untuk pengajaran; membuat alat bantu pengajaran; menilai peserta didik; serta menilai kemajuan prestasi siswa berkelanjutan. Kompetensi guru ini harus dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, sehingga prestasi belajar dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik menjadi meningkat. KATA KUNCI: Manajemen Kompetensi Guru; Hasil Belajar Siswa; Pendidikan IPS-Ekonomi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMinda Masagi Pressen_US
dc.relation.ispartofseriesATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan;Vol 8, No 2 (2018)-
dc.subjectTeacher Competency Management; Student Learning Outcomes; Economic-Social Studies Education.en_US
dc.titlePengaruh Manajemen Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Advent Parepei, Minahasaen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Lecturer Scientific Papers

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Jurnal Atikan.pdf407.04 kBAdobe PDFView/Open
PR Jurnal Atikan-dikonversi.pdf635.26 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.