Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/406
Title: | Pengembangan Bentuk Soal Tipe Benar-Salah dalam Penilaian Kelas Sekolah Menengah Pertama |
Authors: | Mondolang, Aswin H. Poluakan, Cosmas Mongan, Satyano W Umacina, Dewi S |
Keywords: | Bentuk soal tipe benar-salah; usaha dan pesawat sederhana |
Issue Date: | 2019 |
Publisher: | UIN Syarif Hidayatullah Jakarta |
Series/Report no.: | Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia Vol. 8 No. 2 2019; |
Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya spekulasi siswa dalam menjawab soal objektif tipe benar-salah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan soal objektif tipe benar-salah dalam penilaian kelas materi fisika usaha dan pesawat sederhana pada siswa kelas VIII SMP yang dapat meminimalisir spekulasi. Penelitian ini menggunakan model research & development (R&D) dari Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974) yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara, instrumen angket, dan nilai siswa. Validasi instrumen oleh pakar evaluasi dan pakar materi melalui instrumen angket diperoleh rerata persentase sebesar 92,5% dengan kategori valid. Data nilai siswa dari hasil uji coba kepada 32 siswa, soal yang dikembangkan dapat meminimalisir spekulasi siswa dalam menjawab soal. Dengan demikian penilaian kelas yang menggunakan bentuk soal tipe B -S yang dilengkapi dengan pilihan Y-TY dapat mengukur pemahaman siswa secara lebih objektif dibandingkan dengan bentuk Soal tipe B-S tanpa pilihan Y-TY. |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/406 |
ISSN: | 2654-5713 |
Appears in Collections: | Lecturer Scientific Papers |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Artikel Jurnal JP3I.pdf | 517.74 kB | Adobe PDF | View/Open | |
Peer Review.pdf | 471.73 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.