Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/409
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Tendea Leidi | - |
dc.contributor.author | Pasandaran, Sjamsi | - |
dc.contributor.author | Pangalila, Theodorus | - |
dc.date.accessioned | 2020-03-10T02:29:45Z | - |
dc.date.available | 2020-03-10T02:29:45Z | - |
dc.date.issued | 2018 | - |
dc.identifier.issn | 2621-3467 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/409 | - |
dc.description.abstract | Dalam penelitian ini ditemukan berbagai permasalahan seputar minat belajar siswa antara lain: tidak memiliki minat belajar dalam pelajaran PKn, kurangnya perhatian siswa dalam proses belajar mengajar, siswa pasif dan hanya guru yang aktif, tidak memiliki semangat untuk belajar pelajaran PKn, dan tidak membuat tugas yang diberikan oleh guru. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 4 Beo di Lobbo. Metode penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah metode penelitian deskriptif naratif dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti ingin menggambarkan suatu fakta yang ada disekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP negeri 4 Beo di Lobbo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe STAD yang sudah diterapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan dapat menciptakan pembelajaran yang menarik sehingga siswa tertarik untuk belajar dan ikut berpartisipasi dalam proses belajar. Dan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini diskusi dan kerja kelompok memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat berpikir, berdiskusi bersama teman-teman sekelompoknya dan membuat kuis yang membuat siswa tertarik untuk belajar. Oleh karena itu, penulis merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya agar dalam meningkatkan minat belajar siswa maka guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). | en_US |
dc.language.iso | en | en_US |
dc.publisher | UNIMA | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Jurnal Civic Education Vol. 2, No. 1 2018; | - |
dc.subject | Kooperatif Tipe STAD, Minat Belajar, PKn | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD (STUDEN TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 4 BEO DI LOBBO | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Appears in Collections: | Lecturer Scientific Papers |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Jurnal CE Vol. 2. No. 1-Pangalila.pdf | 326.5 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.