Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/475
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMuhajir, H. Khairul-
dc.contributor.authorSusastriawan, A. A. P.-
dc.contributor.authorAziz, Muh. H. Nur-
dc.contributor.authorRompas, Parabelem Tinno Dolf-
dc.date.accessioned2020-03-18T15:51:33Z-
dc.date.available2020-03-18T15:51:33Z-
dc.date.issued2018-04-
dc.identifier.issnP-ISSN: 2621-0991 E-ISSN: 2621-1009-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/475-
dc.description.abstractSalah satu cara untuk meningkatkan unjuk kerja motor bensin empat langkah adalah dengan memodifikasi camshaft. Memodifikasi camshaft bertujuan untuk mengatur waktu pembukaan katup (valve open), tinggi pembukaan katup (valve lift), dan mengatur jarak puncak pembukaan katup (lobe separation angle). Penambahan roller rocker arm juga dapat berpengaruh terhadap unjuk kerja mesin yang membuat camshaft berputar dengan gesekan yang lebih kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh tinggi lift katup, lobe separation angle camshaft, dan roller rocker arm terhadap unjuk kerja motor bensin empat langkah. Dari hasil pengujian dynotest menunjukkan camshaft standar menghasilkan daya maksimal sebesar 13,6 HP dan torsi maksimal sebesar 13,7 N.m. camshaft modifikasi menghasilkan daya maksimal sebesar 13,8 HP dan torsi maksimal 11,59 N.m. camshaft modifikasi + roller rocker arm menghasilkan daya maksimal sebesar 14,6 HP dan torsi maksimal sebesar 12,75 N.m.Camshaft standar menghasilkan nilai sfc terendah sebesar 0,16141 kg/kW.jam. Camshaft modifikasi sebesar 0,20088 kg/kW.jam. Camshaft modifikasi + roller rocker arm sebesar 0,18098 kg/kW.jam.Pada pengujian emisi gas buang menunjukkan camshaft modifikasi + roller rocker arm menghasilkan kadar emisi yang paling ramah lingkungan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherLPPM Unimaen_US
dc.relation.ispartofseriesefrontiers Jurnal Sains dan Teknologi, Universitas Negeri Manado;-
dc.subjectCamshaft, Lift, Lobe Separation Angle, Roller Rocker Arm, Valveen_US
dc.titlePengaruh Variasi Tinggi Lift, Lobe Separation Angle Camshaft, dan Roller Rocker Arm Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkahen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Lecturer Scientific Papers



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.