Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/20
Title: Desain Aplikasi Knowledge Management Untuk Pelayanan Pasien
Authors: Santa, Kristofel
Keywords: Desain Aplikasi
Knowledge Management
Issue Date: 5-Oct-2016
Abstract: Rumah sakit umum daerah (RSUD) mempunyai fokus utama adalah pelayan kesehatan masyarakat di daerah sekitar. Untuk meningkatkan pelayanannya, RSUD selalu mengikuti perkembangan ilmu di bidang kesehatan terutama pada bagian perawat. Perkembangan ilmu sangat penting untuk rumah sakit, karena dengan ilmu tersebut akan membantu pihak rumah sakit untuk menangani kasus-kasus baru yang berkembang di masyarakat. Semakin berkembangnya penyakit di masyarakat menuntut pihak rumah sakit untuk melakukan beberapa perubahan, antara lain setiap perawat harus memiliki kemampuan yang sama dalam hal menangani pasien. Selain itu hal lain yang menjadi masalah dalam pelayanan rumah sakit kepada masyarakat adalah terjadinya kesalahan-kesalahan dalam menangani pasien (malpraktek). Untuk menangani dua masalah di atas peneliti membuat sebuah rancangan desain knowledge management keperawatan. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini merujuk ke metodologi knowledge management yang di kembangkan oleh Amrit Tiwana dengan beberapa penyesuaian oleh peneliti. Pada metodologi ini terdapat 4 tahap utama, yaitu: persiapan dan evaluasi infrastruktur, analisis dan desain knowledge management, pengembangan knowledge management dan evaluasi. Hasil dari desain knowledge management ini adalah dapat memberikan gambaran solusi terhadap masalah keterbatasan tempat dan waktu untuk bertukar ilmu pengetahuan. Selain itu desain knowledge management ini dapat memberikan gambaran pendokumentasikan pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi informasi.
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/20
Appears in Collections:Lecturer Scientific Papers

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
322-326 kristofel.doc4.15 MBMicrosoft WordView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.