Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/106
Title: | PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDI KASUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH KEBIJAKAN PUBLIK |
Authors: | Mantiri, Jeane |
Keywords: | Hasil Belajar Kebijakan Publik Metode Pembelajaran Studi Kasus |
Issue Date: | Oct-2017 |
Publisher: | Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Manado |
Series/Report no.: | 13;2 |
Abstract: | Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar mahasiswa mata kuliah kebijakan publik pada materi konsep kebijakan publik dan good governance serta pengaruh budaya dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembuatan kebijakan melalui penerapan metode pembelajaran studi kasus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dan subyek penelitian mahasiswa Unima prodi Administrasi Negara semester V yang berjumlah 42 mahasiswa pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Sumber data dalam penelitian ini adalah: mahasiswa, dosen dan proses pembelajaran itu sendiri. Analisis data dilakukan dengan menghitung presentase ketuntasan belajar, dan siswa dikatakan tuntas jika hasil belajar minimal 3, serta penelitian dikatakan berhasil jika ketuntasan klasikal ≥75%. Hasil penelitian menyimpulkan penerapan metode pembelajaran studi kasus dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah kebijakan public pada materi konsep kebijakan publik dan good governance serta pengaruh budaya dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembuatan kebijakan. |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/106 |
ISSN: | 0216-7298 |
Appears in Collections: | Lecturer Scientific Papers |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Jeane Mantiri 2017.pdf | 2.76 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.