Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/117
Title: Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Nilai Moral dan Budi Pekerti
Authors: Biringan, Julien
Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan
Nilai Moral
Budi Pekerti
Issue Date: Jun-2014
Publisher: Pusat Penelitian STKIP Kusuma Negara
Citation: Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Series/Report no.: Vol. 11;
Abstract: Revitalisasi kurikulum pada program pendidikan dan pengajaran dilakukan sehubungan dengan adanya berbagai kelemahan baik dalam pendekatan maupun substansi. Berkenaan pula bahwa di lingkungan strategis program pendidikan telah terjadi perubahan-perubahan yang fundamental dan sangat ekstensif, dan realisasinya pada berbagai mata pelajaran, termasuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Dilaksanakannya revitalisasi kurikulum berkenaan dengan apa yang direncanakan dan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Maksudnya bahwa dengan adanya perencanaan yang cermat, maka lebih terjamin bahwa kurikulum pada setiap program pengajaran termasuk Pendidikan Kewarganegaraan dapat diwujudkan dan apa yang diajarkan dapat dikuasai dan dimiliki siswa, sekaligus dapat merupakan pengajaran yang berorientasi pada nilai moral dan budi pekerti. Orientasi pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah pengajaran afektif, dan tidak dapat diajarkan dengan cara seperti mengajarkan tujuan kognitif taraf rendah untuk dihafal. Pengajaran afektif menuntut partisipasi aktif dari pihak siswa. Oleh sebab itu paradigma baru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pegajaran nilai, moral dan budi pekerti berupaya membentuk peserta didik yang memiliki kompetensi yang komprehensif meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/117
ISSN: 2085-7144
Appears in Collections:Lecturer Scientific Papers



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.