Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/118
Title: | Penerapan "Concept Attainment Model" dalam Pembelajaran PKN dengan Pendekatan Berpikir Induktif |
Authors: | Biringan, Julien |
Keywords: | Penerapan Model CAM Pembelajaran Berpikir Induktif |
Issue Date: | Jul-2015 |
Publisher: | Pusat Penelitian STKIP Kusuma Negara |
Citation: | Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara |
Series/Report no.: | Vol. 7;No. 1 |
Abstract: | Model pembelajaran pencapaian konsep (CAM) merupakan salah satu model yang dikembangkan untuk membantu guru melaksanakan kegiatan mengajar yang menitikberatkan pada aktivitas belajar siswa dengan pendekatan berpikir induktif. Siswa dilatih membentuk sebuah konsep baik abstrak maupun konkrit secara induktif, melalui contoh-contoh konkrit, data, dan fakta. Pendekatan berpikir induktif seperti ini melatih siswa untuk mengkaji berbagai data, fakta, dan informasi; menganalisisnya dan menggeneralisasi, dan merumuskan definisi ataupun konsep. Model CAM dikembangkan secara khusus untuk pembelajaran konsep dengan pendekatan berpikir induktif. Dalam pembelajaran model CAM siswa diberi kesempatan atau pengalaman belajar untuk menemukan dan merumuskan sendiri konsep yang dipelajarinya. Guru berfungsi memfasilitasi siswa dalam melakukan analisis unsur-unsur konsep yang dipelajarinya, mengumpulkan fakta ataupun memberikan contoh-contoh untuk kemudian siswa mrumuskan sendiri dafinisi atau konsep. |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/118 |
ISSN: | 2085-7144 |
Appears in Collections: | Lecturer Scientific Papers |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
PENERAPAN CONCEPT ATTAINMENT MODEL DALAM PEMBELAJARAN PKN DENGAN PENDEKATAN BERPIKIR INDUKTIF.pdf | 5.01 MB | Adobe PDF | View/Open | |
Biringan penerapan konsep attainment.pdf | pr | 914.1 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.