Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/336
Title: | MEKANISME ASESMEN DAN REFLEKSI TUGAS TEMATIK UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN HUBUNGAN KONTEKS DENGAN KONSEP |
Authors: | Medellu, Christophil S. |
Keywords: | Tugas Tematik, Bahan Instruksional, Siklus Air, Penilaian Sejawat, Refleksi |
Issue Date: | Apr-2017 |
Publisher: | Fakultas Ilmu Pendidikan Unima |
Series/Report no.: | Jurnal FORUM PENDIDIKAN Fakultas Ilmu Pendidikan UNIMA; |
Abstract: | Penelitian bertujuan mendeskripsikan dampak refleksi tugas tematik yang diawali dengan penilaian sejawat atas tugas tematik siklus air. Refleksi seperti: deskripsi fakta dan fenomena, hubungan antara konsep dengan konteks, proses sains, perumusan jejaring konsep dan implikasi sosial tugas tematik. Siswa yang menjadi target adalah siswa sekolah menengah pertama di Manganitu dan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Hasil penelitian menunjukkan penilaian dan refleksi berpengaruh positif meningkatkan hasil belajar untuk materi yang berkaitan dengan pengetahuan dasar dimana siswa telah memiliki pengalaman sebelumnya. Kendalanya ialah kurangnya penguasaan konsep-konsep dan hubungan antara konsep dengan konteks. Hasil studi merekomendasikan pentingnya kontinuitas materi dan kegiatan pembelajaran yang mengaktifkan siswa membangun pengetahuan berdasarkan pengalaman, sekaligus mengembangkan keterampilan berpikir kritis |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/336 |
ISSN: | ISSN 0216-7298 |
Appears in Collections: | Lecturer Scientific Papers |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Medellu Artikel 8 Jurnal Nasional Asesmen-refleksi 100%.pdf | 24.63 MB | Adobe PDF | View/Open | |
FMIPA Medellu PRc OK 2b Jurnal Mekanisme Asesmen ... OK LOCAL Pendidikan (1) OK_compressed.pdf | 241.59 kB | Adobe PDF | View/Open | |
FMIPA Medellu Art 2 Mekanisme asesmen-refleksi... OK_compressed.pdf | 961.22 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.