Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/475
Title: Pengaruh Variasi Tinggi Lift, Lobe Separation Angle Camshaft, dan Roller Rocker Arm Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah
Authors: Muhajir, H. Khairul
Susastriawan, A. A. P.
Aziz, Muh. H. Nur
Rompas, Parabelem Tinno Dolf
Keywords: Camshaft, Lift, Lobe Separation Angle, Roller Rocker Arm, Valve
Issue Date: Apr-2018
Publisher: LPPM Unima
Series/Report no.: efrontiers Jurnal Sains dan Teknologi, Universitas Negeri Manado;
Abstract: Salah satu cara untuk meningkatkan unjuk kerja motor bensin empat langkah adalah dengan memodifikasi camshaft. Memodifikasi camshaft bertujuan untuk mengatur waktu pembukaan katup (valve open), tinggi pembukaan katup (valve lift), dan mengatur jarak puncak pembukaan katup (lobe separation angle). Penambahan roller rocker arm juga dapat berpengaruh terhadap unjuk kerja mesin yang membuat camshaft berputar dengan gesekan yang lebih kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh tinggi lift katup, lobe separation angle camshaft, dan roller rocker arm terhadap unjuk kerja motor bensin empat langkah. Dari hasil pengujian dynotest menunjukkan camshaft standar menghasilkan daya maksimal sebesar 13,6 HP dan torsi maksimal sebesar 13,7 N.m. camshaft modifikasi menghasilkan daya maksimal sebesar 13,8 HP dan torsi maksimal 11,59 N.m. camshaft modifikasi + roller rocker arm menghasilkan daya maksimal sebesar 14,6 HP dan torsi maksimal sebesar 12,75 N.m.Camshaft standar menghasilkan nilai sfc terendah sebesar 0,16141 kg/kW.jam. Camshaft modifikasi sebesar 0,20088 kg/kW.jam. Camshaft modifikasi + roller rocker arm sebesar 0,18098 kg/kW.jam.Pada pengujian emisi gas buang menunjukkan camshaft modifikasi + roller rocker arm menghasilkan kadar emisi yang paling ramah lingkungan.
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/475
ISSN: P-ISSN: 2621-0991 E-ISSN: 2621-1009
Appears in Collections:Lecturer Scientific Papers



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.