Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/71
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWarouw, Zusje W. M.-
dc.date.accessioned2018-05-07T01:46:31Z-
dc.date.available2018-05-07T01:46:31Z-
dc.date.issued2010-06-
dc.identifier.citationJurnal Ilmu Pendidikanen_US
dc.identifier.issn0215-9643-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/71-
dc.description.abstractPembelajaran Reciprocal Teaching dan Metakognitif (RTM) yang Memberdayakan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Penelitian quasi eksperimen ini bertujuan mengungkap penganrh stategi pembelajaran (RTM, RT, Konvensional) terhadap keterampilan metakognitif, dan hasil belajar biologi; pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif, dan hasil belajar; pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif, dan hasil belajar. Rancangan "pretest-postest Non-equivalent Control Group Design" versi faktorial 5 X 2. Data dianalisis dengan ANACOVA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi RTM memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, hasil belajar siswa berkemampuan akademik rendah, dan tinggi. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa : 1) strategi pembelajaran RT+M, RT dapat diterapkan dalam pembelajaran Sains Biologi pada SMPN di Kota Manado.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherLembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI)en_US
dc.relation.ispartofseriesJilid 17;No. 2-
dc.subjectMetakognitifen_US
dc.subjectReciprocal Teachingen_US
dc.subjectHasil Belajar Biologien_US
dc.titlePembelajaran Reciprocal Teaching dan Metakognitif (RTM) yang Memberdayakan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMPen_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:Lecturer Scientific Papers

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
jurnal ilmu pendidikan.pdf10.73 MBAdobe PDFView/Open
1a.pdf545.26 kBAdobe PDFView/Open
1b.pdf557.43 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.