Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/71
Title: Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Metakognitif (RTM) yang Memberdayakan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP
Authors: Warouw, Zusje W. M.
Keywords: Metakognitif
Reciprocal Teaching
Hasil Belajar Biologi
Issue Date: Jun-2010
Publisher: Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI)
Citation: Jurnal Ilmu Pendidikan
Series/Report no.: Jilid 17;No. 2
Abstract: Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Metakognitif (RTM) yang Memberdayakan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Penelitian quasi eksperimen ini bertujuan mengungkap penganrh stategi pembelajaran (RTM, RT, Konvensional) terhadap keterampilan metakognitif, dan hasil belajar biologi; pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif, dan hasil belajar; pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif, dan hasil belajar. Rancangan "pretest-postest Non-equivalent Control Group Design" versi faktorial 5 X 2. Data dianalisis dengan ANACOVA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi RTM memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, hasil belajar siswa berkemampuan akademik rendah, dan tinggi. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa : 1) strategi pembelajaran RT+M, RT dapat diterapkan dalam pembelajaran Sains Biologi pada SMPN di Kota Manado.
URI: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/71
ISSN: 0215-9643
Appears in Collections:Lecturer Scientific Papers

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
jurnal ilmu pendidikan.pdf10.73 MBAdobe PDFView/Open
1a.pdf545.26 kBAdobe PDFView/Open
1b.pdf557.43 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.