Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/71
Title: | Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Metakognitif (RTM) yang Memberdayakan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP |
Authors: | Warouw, Zusje W. M. |
Keywords: | Metakognitif Reciprocal Teaching Hasil Belajar Biologi |
Issue Date: | Jun-2010 |
Publisher: | Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) |
Citation: | Jurnal Ilmu Pendidikan |
Series/Report no.: | Jilid 17;No. 2 |
Abstract: | Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Metakognitif (RTM) yang Memberdayakan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Penelitian quasi eksperimen ini bertujuan mengungkap penganrh stategi pembelajaran (RTM, RT, Konvensional) terhadap keterampilan metakognitif, dan hasil belajar biologi; pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif, dan hasil belajar; pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif, dan hasil belajar. Rancangan "pretest-postest Non-equivalent Control Group Design" versi faktorial 5 X 2. Data dianalisis dengan ANACOVA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi RTM memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif, hasil belajar siswa berkemampuan akademik rendah, dan tinggi. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa : 1) strategi pembelajaran RT+M, RT dapat diterapkan dalam pembelajaran Sains Biologi pada SMPN di Kota Manado. |
URI: | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/71 |
ISSN: | 0215-9643 |
Appears in Collections: | Lecturer Scientific Papers |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
jurnal ilmu pendidikan.pdf | 10.73 MB | Adobe PDF | View/Open | |
1a.pdf | 545.26 kB | Adobe PDF | View/Open | |
1b.pdf | 557.43 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.